Cara Pengisian Managemen PAUD Dikmas Dapodik

Manajemen PAUD

Diposting pada

PAUD atau singkatan dari Pendidikan Usia Dini merupakan jenjang Pendidikan yang diperuntukan pada anak sebelum masuk Sekolah Dasar (SD). Berkaitan dengan hal tersebut, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat mempunya sebuah system yaitu Manajemen Pokok Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, dikenal juga dengan sebutan Managemen PAUD.

Bila Anda merupakan pengelola lembaga PAUD, Anda bisa coba mengakses dan mencari tahu tentang system tersebut melalui website resmi Kemdikbud. Bahkan sangat dianjurkan untuk memahaminya. Kenapa harus paham?

Sistem manajemen PAUD ini dibuat pemerintah guna memeriksa seberapa akurat hasil dari sinkronisasi data pokok peserta didik atau disingkat DAPODIK PAUD dan Pendidikan Masyarakat, kemudian juga untuk proses perubahan sinkronisasi data, mengetahui berapa kode registrasi DAPODIK PAUD hingga mengganti nama usernya.

Baca Juga: Apa Itu Akreditasi

Nah, lantas bagaimana sih panduan mengisi data manajemen PAUD dengan mudah? Khususnya untuk cara mengisi dapodik PAUD yang sudah dijelaskan sebelumnya. Untuk tahu lebih detail, yuk kita bahas melalui ulasan berikut ini.

Management PAUD dan Pengisian Dapodik PAUD

Saat membuka situs yang menunjukan cara kerja manajement PAUD, Anda akan menemukan cukup banyak data yang tersedia, beberapa diantaranya yaitu satuan Pendidikan, daftar peserta didik, dan lain-lain. Nah, informasi tersebut terbagi lagi atas kategori PAUD, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dan juga Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Bila Anda membutuhkan data tentang satuan Pendidikan, peserta didik, situs sudah jelas menyediakannya. Bahkan, Anda juga bisa tau satuan Pendidikan mana yang baru saja tersinkronisasi dengan situs.

Berikut adalah gambar website manajemen paud. Informasi yang disajikan sangat jelas dan rinci kan? Jumlah satuan Pendidikan hingga rombongan belajar sudah tertera angkanya, Anda tidak perlu lagi mencari atau pun melakukan perhitungan sendiri.

Management PAUD dan Pengisian Dapodik PAUD

Nah, lantas bagaimana sih cara mengisi dapodik online PAUD?

Cara Mengisi Dapodik PAUD

Diinformasi secara resmi melalui situs kemedikbud bahwa mulai tanggal 13 Januari 2020, proses pengisis data Dapodik bisa dilakukan melalui aplikasi atau pun metode dapodik paud online melalui http://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik. Sementara untuk system offline juga akan segera diinformasikan melalui situs resmi.

Berikut adalah gambar tampilan depan saat Anda masuk melalui situs app.paud.dikmas.kemendikbud.go.id/dapodik. Anda akan diberikan informasi kapan batas pengisian dapodik dan Anda juga akan diminta untuk login menggunakan email dan password yang sudah terdaftar.

Cara Mengisi Dapodik PAUD

Bagi Anda, satuan Pendidikan paud yang hendak melakukan pengisian dapodik online melalui situs manajemen paud dikmas, Anda bisa mengubah dulu cara sinkronisasinya langsung lewat aplikasi manajemen dapodik PAUD dan Dikmas, yaitu di situs http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id.

Berikut adalah beberapa langkan untuk melakukan sinkronisasi dapodik:

  1. Bukalah situs manajemen paud dan dikmas (link nya sudah disebutkan di pembahasan sebelumnya).
  2. Setelah masuk, pilihlah login dan pilih satuan Pendidikan
  3. Setelah Anda masuk pada lama login manajemen dapodik paud dan dikmas, Anda bisa langsung mengisi login sesuai dengan email dan password yang terdaftar pada aplikasi dapodik.
  4. Selanjutnya masuklah pada halaman dashboard satuan Pendidikan. Pada bagian profil, klik tombol dapodik online atau offline.
  5. Anda bisa mulai mengubah metode sinkronisasi ke dapodik online.

Selesai cek data dapodik yang sudah sinkronisasi, untuk proses mengubah metode sinkronisasi dapodik menjadi online sudah berhasil Anda lakukan. Nah, selanjutnya Anda bisa mengakses dapodik paud online melalui aplikasi manajemen paud dikmas secara online. Tidak sulit kan?

Eits, tapi belum selesai sampai disitu saja ya. Setelah Anda melakukan pengubahan metode sinkronisasi maka sekarang saatnya masuk ke tahap pengisisan data pada aplikasi dapodik online.

Bagaimana langkah pengisisan data pada aplikasi dapodik online?

  1. Sudah jelas hal yang pertama kamu lakukan adalah mengaskses aplikasi dapodik paud dikmas online.
  2. Masuklah pada laman dashboard dapodik pada bagian validasi. Nantinya Anda akan melihat beberapa data yang masih warning dan juga invalid.

Setelah itu Anda akan diminta untuk memenuhi serangkaian tahapan saat hendak mengisi dapodik paud online.

Berikut adalah beberapa langkah lain yang harus Anda lakukan berikutnya:

Proses Meluluskan atau Mengeluarkan Peserta Didik

Bila Anda hendak meluluskan atau mengeluarkan salah satu peserta didik, silahkan klik menu peserta didik pada dashboard. Setelah itu pilih peserta didik. Nah, Anda akan langsung disajikan seluruh nama peserta didik yang sudah terdaftar.

Bila hendak meluluskan maka klik icon pada bagian keterangan jenis kelamin. Begitu juga bila hendak mengeluarkan peserta didik, Anda hanya perlu mengisis beberapa data saja, setelah itu klik simpan.

Melakukan Salin Penugasan PTK

Ingin menyalin penugasan PTK? Silahkan klik bagian menu pendidika atau tendik (PTK), setelah itu klik PTK. Lalu, Anda bisa langsung mengklik tombol YA untuk melakukan proses penyalinan dengan mudah dan secara online.

Nantinya bila sudah berhasil akan muncul keterangan sukses menugaskan PTK untuk tahun ajaran yang berlaku. Lalu, klik ok. Selesai, proses penugasan PTK sudah berhasil Anda lakukan!

Mengupdate Sejumlah Data Rinci Periodik Sekolah

Untuk melakukan proses update data rinci periodic sekolah, Anda bisa coba cek pada validasi, apakah masih ada data invalid berwarna merah serta warning berwarna kuning atau tidak. Anda bisa langsung memperbaiki data yang invalid, bila memang ada. Bagaimana cara melakukan update datanya?

  1. Salinlah dat rinci periodic
  2. Klik bagian menu Lembaga, setelah itu pilihlah data periodic, lalu Anda bisa memilih salind data periodic
  3. Selanjutnya, masuklah pada lama salin periodic, lalu klik tombol YA. Selesai! Proses penyalinan data rinci periodic Anda sudah berhasil dilakukan.

Nah, bila ingin melakukan update sanitas sekolah, Anda bisa melakukan langkah berikut:

Klik bagian menu Lembaga, setelah itu pilihlah menu sanitasi, lalu Anda bisa memilih tulisan salin data sanitasi, setelah itu klik YA. Selesai! Proses salin sanitas sudah berhasil Anda lakukan. Tidak sulitkan?

Sementara itu, bila Anda bersedia untuk menerima BOP, Anda juga bisa langsung mengklik menu yang sama yaitu menu Lembaga. Setelah itu pilihlah data periodic, lalu pilih bagian salin data periodic.

Nah, setelah itu bisa lanjut klik bersedia menerima BOP, lalu klik simpan. Selesai, proses update penerimaan BOP juga sudah berhasil Anda lakukan.

Penjelasan Lengkap Menu Situs Manajemen Paud Dikmas Online

Situs pengisian dapodik dan informasi seputar manajemen paud memang berbeda namun saling berkaitan satu sama lainnya. Oleh sebab itulah, Anda sebagai pengisi harus paham betul menu-menu yang ada di dalam kedua situs tersebut, khususnya situs manajemen paud dikmas online. Karena tidak sedikit yang belum bisa membaca mengenai data yang tersaji pada situs tersebut, padahal Anda sudah bisa mendapatkannya secara lengkap.

Untuk semakin jelas, baiknya Anda langsung saja masuk pada situ https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/. Nah, kalau sudah masuk, Anda akan disuguhi tampilan laman website seperti ini;

Penjelasan Lengkap Menu Situs Manajemen Paud Dikmas Online

Beberapa menu juga sudah disediakan untuk memudahkan Anda menemukan data yang dibutuhkan.

Manajemen Paud Dikmas Online

Sementara itu, pada menu dashboard operasional ada beberapa data yang diberikan, diantaranya satuan Pendidikan dengan jumlah angka yang akan selalu terupdate, peserta didik dengan jumlah angka yang akan selalu terupdate, pendidik dengan jumlah angka yang akan selalu terupdate dan rombongan belajar yang akan selalu terupdate. Data-data disajikan dalam bentuk angka dan pertambahan atau pengurangannya akan selalu mengikuti.

Manajemen Paud Dikmas

Di bawah tampilan sebelumnya, Anda akan melihat sinkronisasi per jam yang juga akan selalu update. Digambarkan melalui grafik agar para user bisa membacanya dengan mudah. Sementara itu untuk capaian pengisian datanya juga sudah disuguhkan dalam bentuk persentase. Penggunaan grafik pun tetap dilakukan akan user tidak kesulitan memahami.

Menu Situs Manajemen Paud Dikmas Online

Selain bisa melihat bagaimana progress per jam dari sinkronisasi user, Anda juga bisa melihat bagaimana sih data 10 terakhir hingga perbulannya. Grafik dari waktu ke waktu diperlihatkan dengan sangat jelas, apakah meningkat atau menurun. Grafik seperti ini memang akan sangat membantu user.

Manajemen Paud Dikmas Online

Nah, bila Anda ingin melihat berapa sih jumlah angka per jenis satuan dari masing-masingnya, Anda bisa melihatnya setelah grafik di atas. Nanti, Anda akan melihat data grafik seperti berikut lengkap dengan keterangannya. Warna ungu yang menandakan PAUD, biru ekat PKBM, hijau tosca LKP dan biru langit SKB. Dengan penambahan warna, Anda jadi tidak kesulitan untuk membedakan data-datanya.

Paud Dikmas Online

Atau bila ingin melihat dalam bentuk grafik berbeda juga bisa. Anda bisa scroll pada laman yang sama, dan menemukan grafik berikut. Data yang disajikan adalah data dari tahun berlaku hingga beberapa tahun kebelakangan. Lengkap dan sangat jelas tersaji bukan?

cek hasil sinkron dapodik paud

Sementara itu, bila Anda ingin melihat satuan Pendidikan mana yang terakhir sinkron, provinis mana yang sedang dalam progress pengisian data tertinggi hingga kabupaten atau kota dengan progress dengan data tertinggi, Anda juga bisa melihatnya pada laman paling bawah. Sangat lengkap tersaji.

progres pengiriman dapodik paud

Nah, lebih lengkapnya, bila Anda ingin melihat bagaimana sih progress data entry berdasarkan satuan. Anda bisa langsung mengarahkan kursor pada bagian menu manajemen, lalu pilih progress entry data.

majemen progres pengiriman dapodik paud

Anda nantinya akan diberikan pilihan mengenai data mana yang ingin Anda lihat secara lengkap. Apakah PAUD, Pendidikan Masyarakat, PAUDH & Dikmas, Progress per Kabupaten atau Kota, hingga bagaimana keaktifan per semesternya.

Misalnya, Anda ingin mengklik PAUD, maka data yang tayang adalah dalam bentuk seperti ini:

PAUD

Anda bisa memilih berapa data yang ingin Anda lihat langsung hanya dalam satu laman. Anda juga bisa memanfaatkan menu cari untuk mencari data yang ingin Anda ketahui, apakah mungkin sudah ada atau belum.

Selanjutnya, bila Anda membutuhkan informasi terkait progress pengisian data satuan Pendidikan masyarakat untuk tahun yang berlaku juga bisa. Nanti data yang akan ditambilkan adalah seperti pada gambar. Terdapat kolom provinsi, kemudian kategori kursus, kategori PKBM dan kategori SKB.

Tidak hanya sekedar melihat, bila ingin mendowload data untuk suatu keperluan juga bisa, tinggal klik saja tulisan download, secara otomatis data akan terdownload melalui PC atau pun Smarthphone.

manajemen dapodik paud

Tidak hanya sampai disitu saja, data yang didapat juga bisa Anda dapatkan lebih detail. Misal, cobalah klik salah satu provinis (ex. Prov. Kalimantan Selatan), maka nantinya akan muncul seperti ini:

Mengisi Dapodik PAUD

Akan muncul Kabupaten/Kota yang berkaitan dengan provinsi Kalimantan Selatan. Data ini mungkin saja Anda butuhkan, bila iya, Anda bisa mendowloadnya juga. Informasi terakhir update juga ada pada bagian kiri bawah. Sehingga Anda bisa tahu apakah data tersebut benar-benar terupdate atau tidak (menyesuaikan dengan tahun ajaran berlaku).

Untuk memudahkan, data disajikan dalam bentuk angka yang akan mudah dipahami oleh user. Anda bisa lihat pada gambar, atau bila ingin melihat langsung pada website manajemen paud online juga bisa. Karena bila langsung lewat website tentu saja informasi bisa didapat dengan lebih lengkap, Anda pun bisa coba mempelajari laman onlinenya sendiri. Tenang saja, tidak sulit ko ☺

Nah, kalau ingin melihat data Paud & Dikmas, Anda bisa langsung mengklik pada bagian submenu manajemen Paud. Data yang ditampilkan tidak jauh berbeda, masih dalam bentuk table angka yang sangat mudah dipahami seperti ini:

data Paud & Dikmas

Tersedia kategori TK, KB, TPA, SPS, LKP, PKBM, dan SKB serta berapa jumlah total yang sudah mengisi. Di bagian kolom nomor, Anda akan menemukan tombol +, cobalah untuk mengklik nya, nanti Anda akan mendapatkan informasi lebih detail seperti ini:

informasi lebih detail data Paud Dikmas

Jumlah total nasional yang berkaitan dengan provinsi terkait, lalu informasi berapa jumlah yang mengisi hingga persentasenya sudah dapat Anda lihat tanpa harus menghitung lagi sendiri.

Ada juga data lebih rinci mengenai satuan PAUD per kabupaten/kota yang sudah mengisi atau belum. Anda bisa mengklik lagi sub menu manajemen paud, untuk mendapatkan data angka seperti ini:

sub menu manajemen paud

Data progress pengisian data satuan Paud dan dikmas per kabupaten/kota dengan tahun ajaran yang berlaku bisa Anda download menggunakan tulisan download di sebelah kanan atas.

Sementara bila Anda ingin melihat data dengan jumlah banyak, bisa dengan menggunakan menu tampilkan lalu pilih jumlah yang diinginkan. Semetara untuk mencari data dengan cepat bisa menggunakan menu cari di sebelah kanan. Mudah kan?

Ada juga informasi mengenai keaktifan pengisian dapodik dengan tahun ajaran yang berlaku. Data yang diperoleh adalah sama dalam bentu tabel angka seperti ini:

keaktifan pengisian dapodik

Terdapat kolom nomor untuk mengurutkan data, kolom provinsi untuk memberikan informasi terkait provinsi berlaku, kolom satuan, lalu kolom informasi tidak aktif per 2 semester dan per 4 semester. Jumlah dan persentase sudah dipaparkan dengan benar sehingga user hanya tinggal melihat datanya saja.

Seperti data-data sebelumnya, bila ingin mencari data, Anda bisa manfaatkan menu cari, sementara untuk mendowload data tentu saja bisa menggunakan menu download pada bagian kanan atas.

Situs website manajemen paud online dan dapodik memang sudah dibuat sebaik mungkin agar tidak hanya sekedar memberikan informasi. Namun juga agar informasi tersebut bisa diterima dan dibaca dengan mudah dan tentunya dengan cepat. Bayangkan saja bila data disajikan dalam bentuk paragraph, padahal ada banyak angka yang harus diinformasikan.

Baca Juga: Kerja Sampingan Untuk Anak Sekolah

Jadi, bagaimana sudah paham kan cara pengisian dapodik online? Hal paling awal yang harus Anda lakukan tentu saja sudah jelas harus punya akun dan harus login melalui situs atau website https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun yang email dan paswordnya sudah terdaftar.

One thought on “Manajemen PAUD

  1. Ass….Admin yth; maaf cuma mau tanya saja terkait dengan tidak berubahnya data sinkronisasi pada manajemen dapo paud dikmas semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dimana data sinkron itu dari bulan oktober 2018 smpai sekarang tidak berubah sementara sya sudah siinkron online setiap hari minimal 10 x sinkron, mohon pencerahannya….makasih sebelumnya.

Tinggalkan Balasan