Pengertian SEO: Strategi On Page dan Off Page

09Feb, 2019

Mengenal Lebih Dekat Pengertian Apa Itu SEO, Untuk Pemula?. Anda memiliki bisnis daring atau sering melakukan promosi lewat internet? Sangat sulit rasanya jika promosi yang dilakukan tanpa diikuti dengan ilmu yang tepat sasaran. Saat mencoba melakukan promosi lewat internet, setidaknya Anda harus bisa memahami apa itu Search Engine Optimize (SEO).

Bila tujua akhir Anda adalah mempopulerkan situs atau membuat produk atau layanan jasa Anda semakin dikenal maka Anda sangat wajib mengetahuinya. Hal ini karena strategi SEO mampu membantu situs bisnis Anda bisa dikenali oleh mesin pencarian.

Berbagai macam aspek SEO akan terlihat rumit bagi Anda yang belum mengerti. Sebagai langkah awal membangun pemahaman Anda mengenai SEO, artikel ini akan membantu Anda memahami Basic SEO untuk pemula.

Pengertian SEO Adalah

Apa Itu Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah strategi pemasaran yang akan berfokus pada peningkatan visibilitas dalam situs mesin pencarian, seperti Google, Bing, dan Yahoo. Tujuan diterapkannya strategi ini untuk bisa menempatkan suatu situs berada pada peringkat teratas atau halaman awal mesin pencarian ketika orang mengetik kata kunci yang dianggap relevan dengan situs Anda.

Peringkat teratas yang dimaksud adalah ranking 1, 2, 3 atau minimal ada di halaman pertama (ranking 1-10)

Mengapa duduk di ranking atas mesin pencarian sangat penting?

  • Website dengan jumlah pengunjung terbesar adalah Search Engine, yakni Google. Inilah sumber utama trafik di internet.
  • Tiap harinya, terjadi 3,5 Milyar kali pencarian di Google secara GLOBAL. Atau 40ribu searching per detik!
  • 0 % pengguna tersebut HANYA mengunjungi website yang tampil di halaman PERTAMA pencarian.
  • Dari 80% tersebut, peringkat 1, 2 dan 3 mendapatkan pengunjung lebih dari 70%

Penerapan strategi SEO secara bertahap akan membantu meningkatkan traffinc pengunjung di dalam situs yang bisa mendorong peningkatan potensi keuntungan atau penghasilan lewat Adsense, iklan ataupun penjualan produk. Namun tentunya arus pengunjung yang dihasilkan pun harus organik alias bukan berasal dari tools, spam, atau jasa iklan berbayar. Dengan kata lain, ketikan nama situs Anda muncul pada halaman awal mesin pencarian, tidak akan ada label “Ads” atau yang menandakan Anda sedang membayar iklan untuk situs Anda.

Semakin banyak pengunjung = kemungkinan penjualan semakin tinggi

Meskipun Anda dapat menggunakan metode lain untuk bisa mempromosikan situ namun strategi SEO tetap dianggap penting sebagai langkah kesuksesan promosi dalam jangka panjang. Karena bagaimanapun juga saat ini internet user sudah sangat akrab dengan mesin pencarian, mereka memanfaatkan mesin pencarian untuk menemukan apapun yang dibutuhkan dengan cepat.

Penerapan SEO akan membantu situs Anda mudah ditemukan oleh internet user yang memang berpotensi untuk menjadi calon pelanggan atau pengunjung setia situs Anda. Misalnya Anda ingin mengetik kata kunci “Hotel di Bandung” di mesin pencariaan Google. Kemudian akan muncul beberapa pilihan situs di halaman awal mesin pencarian, bila ada label iklan (dalam bahasan Indonesia) atau Ad (dalam bahasa Inggris) maka situs tersebut telah membayar sejumlah uang pada google agar bisa mengiklankan situsnya.

Hotel Di Bandung

 

Semetara itu, kalau Anda scroll sedikit ke bawah maka Anda akan menemukan situs tanpa ada label iklannya, artinya situs tersebut telah diterapkan strategi SEO sehingga mampu bertahan di halaman depan mesin pencarian.

Masih bingung?

Baik, sekarang Anda bisa coba ketik kata kunci lain, misalnya “Sewa Mobil”. Setelah di klik maka akan muncul beberapa situs relevan. Situs yang muncul tanpa ada label Ad atau iklan artinya situs sudah diterapkan SEO di dalamnya.

Rental Mobil

Strategi Seo On Page & SEO Off Page

Sederhananya, SEO tidak bicara soal uang dan laba namun bicara mengenai PELUANG. Bila situs dengan label Ad harus memanfaatkan pasar dengan membayar sejumlah uang untuk proses promosinya berbeda halnya dengan strategi SEO yang memanfaatkan peluang pasar hanya dengan strategi SEO saja.

Saat akan menjalankan strategi SEO maka Anda dituntut untuk bisa melakukan riset kata kunci karena memang kedua hal tersebut sangat berkaitan. Riset dilakukan agar menemukan kata kunci yang relevan dengan situs.

Anda juga harus memastikan bahwa kata kunci yang akan diterapkan nantinya akan memberikan dampak maksimal pada perkembangan promosi situs. Tren kata kunci tidak akan sama setiap saat alias berubah-ubah, sehingga Anda harus bisa melakukan riset sepanjang waktu.

Sementara untuk tools atau alat risetnya, ada beberapa tools gratis yang bisa digunakan. Google Trends dan Google Keyword Planner merupkan 2 tools terpopuler yang biasa digunakan oleh orang-orang SEO.

Namun bila tools dari Google belum cukup, Anda juga bisa menggunakan tools lain seperti Ubersuggest dan Soovle yang cukup cukup populer. Setelah Anda melakukan riset keyword maka langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi pada situs. Ada 2 jenis optimasi yang harus dilakukan yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

SEO On Page

Strategi optimasi halaman situs yang akan berfokus pada aspek di dalam situs itu sendiri. Tujuan dari optimasi On Page untuk menciptakan relevansi antar situs Anda dengan kata kunci yang diketik oleh para internet user pada mesin pencarian.

Misalnya, Anda ingin membuat artikel tentang Jenis-Jenis Digital Marketing, maka strategi SEO yang akan diterapkan agar situs bisa muncul di halaman pertama ketika kata kunci “Jenis-Jenis Digital Marketing” diketik. Yang harus diterapkan dalam SEO On Page:

Kata kunci relevan pada domain

Misalnya, meskipun artikel penyedia Jenis-Jenis Digital Marketing bernama Republikseo namun sebaiknya nama domain yang digunakan adalah jenisdigitalmarketing.com atau domain lain yang relevan.

Terapkan kata kunci pada title

Anda juga harus menerapkan kata kunci pada title tapi harus sealami mungkin ya. Bila Anda ingin mempromosikan artikel Jenis-Jenis Digital Marketing, misalnya, Anda harus pastikan kalau kata-kata “Jenis Digital Marketing” atau “Macam Jenis Digital Marketing” ada di dalam title situs Anda.

Terapkan kata kunci pada konten artikel

Saat membuat situs tentunya Anda juga harus menyiapkan konten artikel. Idealnya, untuk melakukan optimasi On Page, Anda bisa menempatkan kata kunci di dalam 100 kata pertama setelah itu baru disebarkan secara merata di dalam paragraph artikel.

Terapkan kata kunci pada meta desc

Meta description merupakan teks pendek yang akan membantu untuk mendeskripsikan situs Anda. Teks nantinya hanya akan terlihat di bagian bawah URL situs saat hasil pencariannya muncul.

Terapkan kata kunci pada setiap kategori halaman

Misalnya, bila Anda ingin mempromosikan Jasa Penulis Artikel, maka Anda bisa membuat kategori “Jasa Artikel” pada halam an situs Anda. Selain bisa memudahkan pengunjung juga bisa membuat situs lebih relevan ketika akan ditelusuri pada mesin pencarian Google.

Pahami H1, H2, H3… dst

Ini merupakan istilah yang diterapkan pada judul konten dan sub judul pada badan teks kontennya. H1 akan merujuk pada judul utamanya, sementara untuk H2, H3 dan yang lainnya akan diterapkan pada sub judul. Strategi penerapan H1, H2, H3.. dsts akan membantu Anda membuat konten yang lebih mudah dibaca oleh para pengunjung situs.

Perhatikan penerapan url

Anda juga perlu mengatur URL situs. URL yang pendek yang mengandung kata kunci akan lebih efektif dan relevan. Misalnya, bila situs Anda namadomainanda.com, kemudian Anda membuat konten artikel dengan judul “Tips Memilih Jasa Penulis Artikel” maka pastikan URL halamannya efektik, misalnya http://namasitusanda.com/blog/tips-sewa-mobil-murah.

Gunakan atribut pada gambar

Bila Anda ingin mengunggah gambar jangan lupa untuk melengkapi atributnya. Pastikan juga untuk menerapkan kata kunci pada judul dan keterangannya. Selain itu, Ada juga mengatur nama file image sesuai dengan kata kunci, misalnya “namasitusanda.jpg”.

Penggunaan internal link

Anda juga bisa menambahkan internal link atau tautan ke dalam halaman berbeda yang ada di dalam situs Anda. Saat ingin memperbaharui artikel pada situs, Anda harus memastikan bisa memasukan tautan ke halaman lain dalam situs, namun tetap masih relevan. Hal ini akan sangat memudahkan navigasi para pengunjung dan juga situs Jasa Seo dengan halaman seperti itu akan lebih mudah terbaca oleh Google.

SEO Off Page

Dalam membangun popularitas situs dari luar maka SEO Off merupakan langkah yang paling berpengaruh untuk diterapkan strategi yang tepat. Sebagian besar strategi akan melibatkan upaya untuk memperoleh backlink.

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah tautan yang mengarah pada situs Anda dan biasanya akan dipajang dalam situs atau forum lain. Bila backlinknya semakin banyak maka peringkat situs dalam mesin pencarian akan semakin meningkat.

Penggunaan backlink juga tidak boleh sembarangan, Anda harus bisa menempatkan backlink yang akan meningkatkan rank pada website bukan malah menurunkan.

Backlink harus relevan

Penggunaan backlink dari situ orang lain harus dilakukan dalam situs dengan niche yang relevan agar terlihat lebih natural saat terbaca oleh mesin pencarian seperti Google. Bahkan jika dilihat dari segi user experienxe link yang diletakan pada situs yang relevan juga tidak akan mengganggu para visitor bahkan bisa mendapatkan klik yang bisa meningkatkan trafik situs Anda.

Perhatikan contextual links

Contextual links atau links yang ada di dalam artikel konten juga harus bisa Anda perhatikan. Links harus benar-benar berhubungan dengan isi artikel yang Anda tulis.

Menempatkan backlink pada situs yang DA dan PA nya tinggi

Sebelumnya google lebih memperhatikan website dengan authority yang tinggi dengan pagerank. Semakin tinggi pageranknya maka authority nya pun akan semakin tinggi. Sehingga dengan memasangkan bancklink pada domain yang pageranknya tinggi akan membuat backlink semakin berkualitas dibandingkan backlink yang ada pada situs dengan pagerank yang rendah.

Namun, karena sejak tahun 2012 pagerank sudah tidak diupdate lagi maka sekarang penilaian autorithy situs bisa dilihat pada DA (domain authority) dan PA (page authorithy) dari Moz.

Perhatikan umur domain

Jika suatu web authority nya tinggi, biasanya umur domain dari web tersebut juga sudah lama. Jarang ada suatu web yang bisa mendapatkan PR4 atau PR5 dalam hitungan bulan (terkecuali untuk web yang domainnya berasal dari domain drop, redirect atau fake).

Kelebihan lain dari website berumur biasanya indexnya lebih cepat. Walaupun website berumur belum tentu authority nya besar, mendapatkan backlink dari domain dengan jenis ini saya rasa lebih aman dari pada mendapatkan backlink dari website-website yang baru seumur jagung dengan index yang belum stabil.

Belakangan banyak webmaster yang memanfaatkan kualitas dari aged domain ini untuk membangun blog-blog network pribadi atau biasa dikenal dengan sebutan PBN. Namun hati-hati, jangan asal beli domain aged karena belum tentu domain tersebut bagus untuk dijadikan sumber backlink.

Cek terlebih dahulu histori webnya, mulai dari tampilan halaman (bisa menggunakan Web Archive) sampai histori backlink nya (bisa menggunakan Ahrefs). Pastikan web tersebut tidak pernah digunakan untuk kegiatan spamming sebelumnya.

Trafik situs tinggi

Anda juga harus memperhatikan trafik situsnya. Bila links yang ada pada situs dengan trafik tinggi maka memiliki kualitas yang bagus jika dibandingkan link pada situs dengan trafik rendah. Ini tidak 100% benar namun cukup bisa menunjang jika ternyata kriteria yang lain sudah terpenuhi.

Low Outbound Links

Hal ini berkenaan dengan Link Juice. Mendapatkan backlink dengan outbound link (link keluar) yang cukup banyak akan mengurangi efektivitas backlink tersebut karena harus dibagi-bagi dengan link-link yang lain di dalam satu halaman yang sama.

Kebalikannya dengan low outbound links, backlink yang di dapat dari halaman ini jauh lebih powerful karena Link Juice nya langsung masuk ke website Anda tanpa terlalu banyak terbagi-bagi ke link lain.

Terlalu sering mendapat backlink dari website dengan outbound links yang banyak juga cukup berbahaya bagi website Anda karena high outbound links rentan dianggap sebagai halaman spam (yang masuk kategori ini biasanya spamming jenis blog commenting).

Situs unik (Different C class IP’s)

Mendapatkan backlink dari website dengan hosting yang berbeda-beda dan IP yang berbeda-beda juga ikut mempengaruhi peringkat website kita di search engine Google.

Oke baik, kita sederhanakan saja, jika backlink yang di dapat dari IP yang berbeda-beda, kemungkinan besar backlink yang didapat bukanlah manipulasi seperti halnya jika kita membuat backlink dari website-website kita sendiri (dengan IP dan hosting yang sama).

Walaupun dalam prakteknya, tetap saja backlink beda IP juga bisa dimanipulasi, menggunakan situs PBN misalnya. Mendapatkan backlink dari puluhan website dengan IP yang berbeda-beda jauh lebih baik dibandingkan dari ratusan backlink namun hanya dari 1 website yang sama.

Dofollow Attribut

Dofollow adalah link yang dihitung google sebagai sebuah ‘vote’ untuk website Anda, sedangkan nofollow tidak. Jadi, jika Anda mendapatkan banyak backlink berkualitas dengan 7 kriteria diatas namun link nya ternyata bukan dofollow, maka itu adalah sebuah kerugian besar.

One way links

Beberapa tahun lalu link exchange (tukar link) antar sesama blogger adalah suatu aktivitas yang lumrah dan sangat sering dilakukan. Aktivitas ini cukup efektif untuk menaikkan Pagerank dan memperkuat backlink dari situs-situs yang melakukan link exchange.

Google memang memberikan fasilitas promosi untuk mereka yang menginginkan situsnya berada dalam urutan pertama mesin pencarian. Namun tentunya itu tidak gratis dan saat masa promosi habis maka situs tidak bisa lagi berada pada halaman pertama mesin pencarian. Berbeda dengan penerapan strategi SEO.

Jika Anda sudah handal dan mengerti baik bagaimana cara menempatkan strategi apa itu seo dengan tepat sasaran maka situs bisa terus berada di urutan pertama mesin pencarian walau tanpa diikuti dengan iklan berbayar dari google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *