Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta

Gunung Kidul adalah satu nama kabupaten yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan luasan wilayah mencapai sepertiga dari luas wilayah Jogja sendiri. Di daerah tersebut terdapat wisata Pantai Gunung Kidul yang wajib Anda kunjungi.

Semula kabupaten ini merupakan daerah yang dikenal dengan masalah kekeringan yang menimpa tiap musim kemarau. Dengan bentang alam pegunungan kapur, sebagian wilayah Gunung Kidul dikenal merupakan daerah dengan kesulitan air bersih.

Gunung Kidul, Gudangnya Wisata Pantai di Yogyakarta

Sesuai namanya, daerah ini merupakan bagian dari Pegunungan Sewu atau pegunungan kapur selatan yang menginspirasi nama daerah ini menjadi Gunung Kidul. Pegunungan ini berasal dari batu gamping yang menjadi penanda bahwa di masa lalu daerah ini merupakan dasar laut. Ditambah dengan penemuan fosil-fosil hewan laut purba yang ada di sekitar kawasan ini.

Baca Juga: Wisata Kalibiru Jogja

Dengan bentang alam pegunungan kapur dan masa lalu yang merupakan bagian dari dasar laut, Gunung Kidul kini menjelma menjadi daerah dengan keunikan tertentu yang bisa menjadi sumber pemasukan daerah. Keunikan ini dijadikan kekhasan tempat wisata dan jumlahnya sangat banyak yang merata di seluruh wilayah Kabupaten Gunung Kidul.

Dalam tulisan kali ini hanya membahas wisata pantai Gunung Kidul Yogyakarta yang jumlahnya puluhan yang lokasinya berdekatan dan mempunyai keunikan tersendiri. Pantai Gunung Kidul yang masih alami menjadi alasan wisatawan datang berkunjung. Dengan berlatar Pantai Laut Selatan, wisata pantai Gunung Kidul sedikit dibalut mistis yang menarik.

Namun, tetap saja tidak mengurangi minat wisatawan untuk mengunjungi pantai di Jogja ini. Pembahasan pantai di Gunung Kidul akan dibagi menjadi beberapa kategori yang bisa menjadi informasi yang membantu Anda memilih destinasi wisata.

Pantai Unik di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo

Berendam tidak hanya bisa dilakukan di kolam renang. Anda juga bisa berendam di kolam raksasa dengan air jernih di antara bebatuan karang kecil dan merasakan kesegaran yang alami. Di pantai Wedi Ombo, Anda bisa melakukan kegiatan tersebut. Di apit dua batu karang besar sehingga membentuk sebuah kolam raksasa menjadikan kolam ini berbeda dan Anda bisa berenang dan berendam sepuasnya.

Sesekali, ombak Laut Selatan datang menghampiri. Ada yang tenang karena terhempas karang, namun ada juga yang karena demikian besarnya, tetap sampai di kolam dengan intensitas yang cukup besar. Sehingga kolam di Pantai Gunung Kidul ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak untuk berenang.  Selain itu, di antara gugusan karang, Anda bisa menunggu sunset indah dengan warna oranye yang menyinari Laut Selatan.

Tidak sulit untuk menuju pantai yang berada di Desa Jepitu, Girisubo ini. Dari Terminal Giwangan Jogja, Anda harus menuju ke Wonosari yang dilanjutkan ke pertigaan Jepitu. Dari sini, Anda bisa menggunakan ojek untuk mencapai Pantai Wedi Ombo.

Pantai Nguluran

Pantai Nguluran

Pantai Gunung Kidul Nguluran ini bisa dikatakan sebagai Uluwatunya Pulau Jawa. Dengan sebuah tebing yang berada di pinggir pantai yang terkena semburan ombak Laut Selatan, menikmati keindahan pantai dari tebing ini memberikan sensasi tersendiri. Gulungan putih ombak yang berkejaran dan terpecah terkena tebing atau surut di tepi pantai dengan gemuruh suaranya yang menderu keras.

Selain tebingnya, pantai ini juga memiliki keunikan lain yaitu teras kaca yang dibuat menjorok ke tengah laut. Berdiri di atas teras dengan dasar terbuat dari kaca seolah-olah Anda sedang melayang di udara di atas ombak sungguh menguji nyali. Adrenalin akan langsung terpacu melihat deburan ombak Laut Selatan yang dikenal ganas dan menggulung tepat di bawah kaki Anda dengan gemuruhnya yang keras.

Jika Anda tidak sedang ingin menguji adrenalin, Anda bisa pindah ke spot selfi lainnya. Yaitu kursi raksasa atau becak yang menghadap ke arah laut. Berpose dengan latar laut sambil merasakan semilir hembusan angin laut, tentu akan terasa berbeda dengan spot foto lain yang pernah Anda kunjungi. Ditunggu kehadirannya di pantai yang berada di Dusun Bolang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang.

Pantai Ngobaran

pantai ngobaran gunung kidul

Seperti halnya pantai-pantai di Bali, yang memiliki situs bersejarah atau pura, di tempat ini pun Anda akan menemukannya. Situs Majapahit sebagai penanda kejayaannya ada di pantai yang berada di Jl. Ngobaran, Ngrenehan, Kecamatan Saptosari.

Di pantai ngobaran ini, di masa air surut, Anda akan disuguhi pemandangan hamparan hijau dan cokelat ganggang yang berada di sela-sela karang. Juga kerang, ikan, hingga bulu babi yang bisa dijadikan menu kuliner di tempat ini. Atau ingin berendam di kolam air tawar? Bisa. Di sebuah cekungan di sisi pantai ini ada kolam alami yang airnya justru berasal dari mata air tawar. Unik bukan?

Puas bermain air, jelajahi situs yang ada di tempat ini. Bangunan peribadatan dari berbagai kepercayaan ada di sini mulai dari Hindu, Budha, Islam hingga aliran Kejawen yang merupakan aliran kepercayaan peninggalan Prabu Brawijaya V.

Masyarakat sekitar percaya, di puncak bukit di pantai ini, keturunan terakhir Majapahit membakar dirinya sehingga penganut Kejawen melanjutkan ritual keagamaannya sebagai bentuk penghormatan di tempat ini. Di sela-sela bersantai di pantai, nikmati kuliner nikmat khas tempat ini yaitu daging bulu babi yang digoreng dan diberi cabe sehingga terasa sedikit pedas.

Pantai Kukup

Pantai Kukup gunung kidul

Anda ingin ke Tanah Lotnya Jogja? Datang saja ke Pantai Kukup yang memiliki bentang alam mirip dengan Tanah Lot di Bali. Dengan sebuah pulau karang yang berada di hadapan pantai, mengingatkan kita akan tebing yang ada di Tanah Lot. Bedanya, di atas pulau karang yang diberi nama Pulau Jumino itu bukanlah sebuah pura yang suci yang tidak boleh dimasuki sembarang orang.

Justru di Pulau Jumino disediakan sebuah jembatan untuk menghubungkan tepi pantai dengan gardu pandang yang ada di puncak pulau ini. Di gardu pandang ini wisatawan dapat menikmati pemandangan lepas Laut Selatan dengan deburan ombaknya yang ganas. Tidak sulit untuk mencapai tempat ini yang masih satu lokasi dengan Pantai Baron. Dari Wonosari, tinggal ambil rute ke Pantai Baron di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari karena masih satu jalur.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Gunung Kidul

Pantai Laut Selatan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga memiliki karakter ombak yang besar. Dan ditambah dengan kisah mistis Ratu Pantai Laut Selatan membuat pantai-pantai di kawasan ini tidak direkomendasikan untuk kegiatan berenang karena berbahaya. Tidak sedikit berita tentang wisatawan yang terseret ombak dan hilang ketika berekreasi di pantai yang tersebar di sepanjang Pulau Jawa. Namun kondisi ini berbeda dengan Pantai Nglambor.

Pantai ini lokasinya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ini justru merupakan tempat yang tepat untuk berenang dan melakukan snorkeling. Dengan akses yang sedikit sulit, dan berada di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan, menjadikan pantai ini sedikit ekslusif dan sepi dari kunjungan wisatawan. Sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman menikmati keindahan pantai Gunung Kidul Jogja ini.

Pantai nglambor ini berada di antara pulau-pulau karang yang berbentuk kura-kura sehingga aman dari hempasan ganas ombak Laut Selatan. Dengan demikian terumbu karang di sekitar pantai terlihat lebih jelas dan indah dengan hewan-hewan lautnya seperti ikan hias warna warni, bintang laut bahkan jika Anda beruntung, Anda bisa bertemu penyu.

Anda tidak perlu khawatir karena pantai ini dilengkapi dengan tempat penyewaan snorkeling sehingga tidak ada alasan untuk tidak melakukannya, bukan? Selain snorkeling, Anda juga bisa menikmati hempasan ombak dari atas tebing yang mampu memberikan relaksasi alami kepada setiap pengunjung.

Pantai Jogan

Pantai Jogan Gunung Kidul

Ingin menyaksikan air terjun yang jatuh ke laut? Di sini tempatnya. Pantai Jogan Gunung Kidul memberikan bentang alam yang unik. Berada di perbukitan kapur di Kawasan Geopark Sewu, sebuah sungai terus mengalir hingga bermuara ke Laut Selatan dalam bentuk air terjun. Ingin menyaksikan air terjunnya dan menikmati keindahan matahari terbenam, bisa dilakukan dari atas tebing.

Namun jika Anda ingin merasakan sensasi air terjun, Anda harus sedikit bersusah payah untuk menuruni tebing dengan cara canyoning atau rappelling. Kayu-kayu untuk pegangan sudah disediakan bagi mereka yang ingin menuruni tebing, namun jangan lupakan batuan yang ada cukup curam dan licin terkena air laut. Ditambah ribuan kepiting kecil yang bersembunyi di antara celah karang yang siap menyambut tangan Anda dengan capit-capit mungilnya.

Untuk mencapai pantai ini, Anda harus mengambil jalan ke Pantai Siung yang lebih popular. Pos retribusi Pantai Siung menjadi tanda bahwa Anda sudah dekat dengan Pantai Jogan. Dari pos tersebut kurang lebih 400 meter akan terlihat papan kayu yang menunjukkan arah ke Pantai Jogan.

Pantai Banyunibo

Pantai Banyunibo Gunung Kidul

Tidak hanya Pantai Jogan, pantai Banyunimbo Gunung Kidul ini juga memiliki keunikan dengan air terjunnya. Berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, pantai ini memberikan tantangan awal dengan berjalan kaki sejauh 2 km dari Pantai Siung. Setelah itu, Anda harus menuruni anak tangga yang cukup licin untuk menuju pantai tempat jatuhnya air terjun.

Dengan lokasi yang cukup menguras energi, pantai ini tidak banyak dikunjungi wisatawan sehingga Anda bisa puas mengeksplor setiap bagian pantai ini. Nikmati keindahan air terjun yang jatuh langsung dan bermuara ke laut. Bentang alam yang indah yang wajib diabadikan selama Anda berada di sini.

Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Dadap Ayam

Pantai Dadap Ayam Gunung Kidul

Anda tidak akan menemukan lokasi pantai gunug kidul ini di Google Map. Pantai ini seperti menjadi pantai private bagi masyarakat sekitar yang datang untuk mengumpulkan dadap ayam sebagai bahan baku obat tradisional.

Selain itu ada juga rumput laut yang tumbuh secara alami di cekungan batu karang. Pantai ini berada di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari yang berjarak 700 meter dari Pantai Ngobaran dan harus ditempuh dengan berjalan kaki di jalan setapaknya.

Sekilas Anda akan teringat dengan Pantai Padang-padang di Bali jika melihat hijaunya hamparan koral karena ganggang dan rumput laut di sekitar pantai. Namun Anda harus berhati-hati karena permukaan batu cukup tajam dan juga licin.

Ada banyak ceruk karang di tepi pantai dadap ayam untuk tempat berteduh dari teriknya sinar matahari. Karena masih sepi, jangan lupa membawa perbekalan dan peralatan piknik seperti tikar atau alas untuk duduk menikmati deburan ombak dan semilir angin pantai.

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok Gunung Kidul

Pantai Gunug Kidul ini memiliki pasir putih yang menawan. Walaupun disebut-sebut sebagai pantai yang mistis seperti halnya Pantai Wedi Ombo, tidak mengurangi minat wisatawan mengunjungi pantai cantik ini.

Area pantai jungwok cukup luas dan dilengkapi dengan bangku-bangku santai untuk wisatawan. Agak menjorok ke laut ada sebuah batu besar yang disebut Watu Topi yang biasa digunakan untuk memancing.

Tanaman pandan menghiasi pantai yang biasa digunakan para camper untuk mendirikan tenda di sini walaupun pantai ini cukup jauh dari rumah penduduk dan akses jalannya yang terjal serta gelap di malam hari. Anda bisa menemukan pantai eksotis ini di Dusun Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo dan bisa diakses dengan ojek dari Jepitu.

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

Berbeda dengan pantai lainnya yang menawarkan keindahan hamparan pantai pasir putih, di tempat ini justru sebaliknya. Tebing-tebing curam dan pohon berdiri kokoh menjadi ikon pantai. Menikmati keindahan Laut Selatan sembari menunggu sunset menjadi aktivitas di tempat ini. Sambil berpose di sebuah pohon tunggal di tepi tebing menjadikan foto ini sebuah karya yang berbeda dari yang lain.

Tempat wisata pantai gunung kidul ini juga menjadi alternatif untuk kemping di atas tebing. Pada malam hari Anda akan disuguhi keindahan Milky Way dengan taburan bintangnya. Selain itu, memancing dari ketinggian 15 hingga 30 meter di atas tebing memacu adrenalin tersendiri.

Angin yang berhembus kencang dan suara deburan ombak menjadi latar saat memancing. Dan akhiri pengalaman Anda dengan menikmati suguhan seafood segar yang berada di warung-warung sekitar pantai.

Pantai Widodaren

Pantai Widodaren Gunung Kidul

Wisata Pantai gunung kidul dengan arti nama bidadari ini menjadi lokasi yang tepat untuk menyepi. Pantai cantik, suasana sunyi dan damai menjadi alasan pengunjung berlama-lama di tempat ini. Pasirnya berwarna putih, biru laut dengan ombak yang berkejaran serta semilir angin laut sungguh menjadi obat penghilang jenuh.

Baca Juga: Tebing Breksi Jogja

Untuk mencapai pantai widodaren, Anda harus melewati anak tangga yang terbuat dari tebing karang dengan tinggi 2 meter. Jangan lewatkan untuk menunggu keindahan sunset dari bukit Widodaren. Berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, pantai ini berdekatan dengan Pantai Dadap Ayam dan Pantai Ngrenehan.

Pantai Timang

Pantai Timang Gunung Kidul

Wisata pantai timang ini jaraknya kurang lebih 35 kilometer dari Wonosari. Pantai ini berada di hadapan Pulau Watu Panjang dan dihubungkan dengan kereta gantung sebagai alat transportasi. Kereta gantung ini menjadi salah satu daya tarik pantai  ini.

Berada di atas kereta dengan ombak yang menderu keras di bawahnya menjadi pemacu adrenalin tersendiri. Dan yang menjadi penahan kereta gantung ini hanyalah tali tambang besar. Benar- benar memacu adrenalin, bukan! Terkadang ombak keras menghantam tebing hingga cipratan air tetap dirasakan oleh pengunjung yang berada di pantai atau pulau Watu Panjang.

Pantai gunung kidul ini tidak jauh dari Pantai Baron yang disebut juga Pantai Wonosari karena lokasi Pantai Baron terdekat ke Wonosari. Untuk menuju ke sini Anda harus menuju ke pertigaan Mulo hingga melewati Pantai Siung dan Pasar Dakbong dan berujung di jalanan berbatu.

Dari sini perjalanan hanya bisa dilanjutkan dengan ojek pangkalan yang tersedia karena medan jalanan yang berbatu serta menanjak dan menurun. Tukang ojek di sini sangat ahli dengan medan jalan yang demikian menantang.

Pantai Dengan Ombak yang Tenang di Gunung Kidul

Pantai Ngetun

Pantai Ngetun Gunung Kidul

Dengan berlatar perbukitan kecil dan berada di cerukan teluk memang menghadirkan pantai dengan ombak yang tenang. Pantai yang berlokasi di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ini juga memiliki pasir yang putih.

Sangat pas untuk rekreasi bersama keluarga. Bahkan anak-anak juga bisa memancing dari tepi pantai. Lokasi pantai ini masih jauh dari keramaian manusia, sehingga Anda masih bisa menemukan penyu di sini.

Ubur-ubur, kerang hingga lobster tidak sulit Anda temukan di pantai yang memiliki keindahan sunrise dan sunset sekaligus. Pantai gunung kidul ini berada tidak jauh dari perbukitan Watu Bangku dan Watu Gentong yang sudah dikenal masyarakat Jogja.

Pantai Sedahan

Pantai Sedahan Gunung Kidul

Wisata pantai gunung kidul ini seolah tersembunyi di balik dua tebing. Sehingga ombak Laut Selatan yang datang ke pantai ini tidak seganas aslinya. Karena terpecah oleh tebing yang jadi pelindung pantai ini.  Wisatawan yang datang bisa berenang dengan tenang tanpa takut terseret ombak. Tidak heran tempat ini banyak dikunjungi oleh keluarga dengan anak-anak yang ingin berenang dan bermain air.

Garis pantai sedahan ini tidak terlalu panjang hanya 100 meter. Dan termasuk yang jarang dikunjungi mungkin disebabkan karena tidak banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini. sehingga pantai ini menjadi rekomendasi untuk rekreasi keluarga karena aman dan nyaman.

Pada saat ombak surut, ada banyak biota laut yang bisa disaksikan sebagai tanda bahwa daerah ini masih alami. Penyu pun terkadang datang untuk bertelur di pantai sedahan. Anda harus menuju ke Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo untuk mencapai pantai yang nyaman ini.

Pantai Greweng

Pantai Greweng Gunung Kidul

Wisata Pantai  greweng gunung kidul ini berada di teluk yang kecil sehingga ombak yang datang merupakan ombak yang tenang. Dengan hutan bakau yang ada di sekeliingnya, membuat pantai ini menjadi habitat ikan dan kepiting.

Dengan pasir putih, ombak tenang, pantai ini menjadi rekomendasi bagi keluarga yang ingin berekreasi ke pantai. Bagi Anda yang mempunyai hobi memancing, Anda bisa mencoba peruntungan memancing di laut yang jernih ini.

Selain itu, Anda juga bisa trekking untuk mencapai goa yang ada di sekitar pantaigreweng  yang dipercaya menjadi tempat pertapaan Nyi Loro Kidul. Letak Pantai ini berada di lokasi yang sama dengan Pantai Wedi Ombo dan Pantai Sedahan di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo.

Pantai Untuk Kemping di Gunung Kidul

Pantai Siung

Pantai Siung Gunung Kidul

Para pendaki akan menemukan tantangan yang sepadan di pantai di Gunung Kidul Yogjakarta ini. Tebing-tebing karang raksasa dan jalur pendakian yang menantang membuat pantai ini menjadi lokasi event pendakian berskala lokal maupun internasional.

Pantai ini pun berdekatan dengan pantai-pantai lain yang masih bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Efisien sekali bukan! Dan bagi pendaki, mendirikan tenda di pantai yang berpasir putih menghampar luas sambil menikmati sunset cantik setelah letih menjajal kemampuan memanjat tebing di sekitar pantai.

Bagi Anda yang tidak ingin repot membawa perlengkapan kemping, bisa gunakan rumah panggung yang biasa disewa wisatawan dengan kapasitas mencapai 15 orang. Anda bisa membuka pagi dengan menjelajah bentang alam yang hijau dan tebing karang yang kokoh sebagai sarapan. Berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, tidak akan sulit untuk Anda temukan.

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Wisata Pantai gunung kidul ini tepat untuk jadi lokasi kemping bagi pencinta alam. Akses ke pantai ini yang terbilang sulit menjadi medan yang biasa bagi mereka. Tantangan untuk menaklukkan medan yang berliku dan menanjak yang cukup berat merupakan alasan yang menarik bagi para pencinta alam.

Rute yang ditempuh adalah jalan yang menyempit, kemudian melewati jalan setapak dan lahan pertanian warga hingga Anda bertemu jalan yang dipenuhi semak belukar. Setelah itu baru Anda menemukan sebuah pantai yang masih sepi. Dengan pasir putih, tebing-tebing kokoh di antara bibir pantai dan ombak yang menderu dari tengah samudera Laut Selatan menjadi penawar dari keletihan menemukan tempat ini.

Celah karang menjadi pelengkap keindahan pantai wohkudu ini. Mengabadikan keindahan pantai berpasir putih dari celah karang ini akan menjadi kenangan terindah bagi setiap wisatawan. Dan ketenangan yang dihadirkan merupakan alasan tepat bagi pencinta alam untuk mengembangkan tendanya satu atau dua hari menjauh dari keriuhan kota yang tanpa jeda.

Untuk menuju tempat ini, perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dengan rute Yogyakarta – Imogiri – Panggang. Terletak di Desa Nglaos, Dukuh Wiroso, Kecamatan Panggang, tempat ini memang tidak terlalu mudah untuk ditemukan. Anda harus banyak-banyak bertanya ke penduduk setempat agar tidak kesasar dan terlewat dari tujuan.

Pantai Pasir Putih di Gunung Kidul

Pantai Gesing

Pantai Gesing Gunung Kidul

Lokasi Pantai Gesing Gunung Kidul ini berada di Padukuhan Panjomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang  yang berjarak kurang lebih 44 km dari pusat kota Jogja. Dan Pantai gunung kidul ini sudah dilengkapi fasilitas yang memadai hingga tersedia penginapan yang nyaman sehingga cukup banyak wisatawan yang berkunjung.

Aktivitas yang biasa dilakukan adalah memancing di beberapa spot di mana tersedia ikan yang sangat banyak sehingga Anda tidak butuh waktu terlalu lama memancing di sini. Juga spot selfi sambil menunggu sunset yang menjadi daya tarik pantai ini.

Pantai Watulawang

Pantai Watulawang Gunung Kidul

Wisata Pantai gunung kidul ini diapit oleh dua pantai yang telah lebih dulu popular di Gunung Kidul yaitu Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal. Berada di Kecamatan Tepus, dan tidak jauh dari Pantai Indrayanti, tentu tidak sulit mencari pantai ini.

Nama Watulawang yang berarti pintu batu yang disematkan di nama pantai ini sangat tepat. Karena di goa yang tidak jauh dari pantai ada sebuah batu yang mirip dengan pintu. Goa inilah yang membagi area pantai menjadi pantai barat yang tidak terlalu luas dan lebih eksklusif dan pantai timur yang jauh lebih luas dan cocok digunakan untuk aktivitas bermain air.

Di sepanjang pantai, Anda akan melihat beberapa cekungan-cekungan yang mirip dengan kolam pribadi yang pas untuk berendam sambil menunggu guyuran hempasan ombak. Berjalan sedikit ke puncak goa, Anda dapat menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Pantai watulawang  ini dianggap keramat oleh penduduk sekitar dan biasa digunakan sebagai tempat upacara adat Nyadran pada bulan Sya’ban. Dan kabarnya, pintu batu goa akan terbuka untuk orang-orang yang datang untuk upacara tersebut.

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Pencinta lobster dan sedang berada di Kawasan Gunung Kidul perlu mampir ke pantai ini. Pantai mungil berpasir putih yang tersembunyi di antara dinding-dinding karang yang mencegah hempasan ombak ganas Laut Selatan. Deretan kapal nelayan berwarna biru putih menjadi pemandangan indah dan biasa di pagi hari.

Tunggu sampai mereka kembali dengan tangkapan ikan dan lobster segar yang bisa Anda beli langsung. Atau Anda ingin menikmatinya sambil merekam keindahan pantai dengan aktivitas nelayannya di warung-warung sepanjang pantai.

Olahan seafood segar dengan saus tiramnya ditemani nasi liwet panas akan membuat Anda tidak ingin pulang terlalu cepat. Menikmati keindahan pantai dengan perut kenyang tentunya menjadi paduan yang sempurna bukan? Sambangi pantai yang berada di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari dan bersiap melupakan diet selama berada di tempat ini.

Baca Juga: Wisata Goa Jomblang Jogja

Dengan era teknologi dan komunikasi, Kabupaten Gunung Kidul tumbuh menjadi kabupaten yang ternyata memiliki banyak objek wisata alam yang potensial. Bersaing dengan daerah lain yang memiliki wisata non alam, Gunung Kidul tetap akan menjadi destinasi utama tujuan wisatawan dari seluruh Indonesia selama pengelolaannya professional. Sehingga kebutuhan wisatawan selama berada di tempat wisata pantai Gunung Kidul Yogyakarta dapat dipenuhi dengan maksimal.

Tinggalkan komentar